Minggu, 22 April 2018

RPP Lambang Unsur

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 2 SURABAYA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X / Semester 1
Materi Pokok          : Lambang Unsur, rumus kimia, persamaan reaksi
Alokasi waktu         : 9 jam pelajaran ( 3 x 3 JP )

A. KOMPETENSI INTI
KI  1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI  2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.2 Menganalisis Lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi .
4.2 Mengintegrasikan penulisan lambang unsur dengan rumus kimia pada persamaan   reaksi kimia berdasarkan kasus – kasus dalam kehidupan sehari – hari.

C. Indikator
1. Menuliskan lambang unsur dengan benar.
2. Mengaitkan penulisan lambang unsur dengan rumus kimia zat.
3. Membedakan antara rumus empiris dengan rumus molekul.
4. Menuliskanpersamaan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terdapat dalam            reaksi atau sebaliknya.
5. Menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan mengacu pada Hukum Kekekalan Massa dan          langkah-langkah penyetaraan persamaan reaksi yang benar.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyadari adanya pengetahuan tentang lambang unsur, rumus kimia dan persamaan        reaksi.
2. Siswa dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
3.     Dengan berlatih, siswa dapat menuliskan lambang unsur dengan benar.
4. Dengan berlatih, siswa dapat mengaitkan penulisan lambang unsur dengan rumus kimia zat.
5. Dengan berlatih, siswa dapat membedakan antara rumus empiris dan rumus molekul.
6. Melalui kajian literatur, siswa dapat menuliskan persamaan reaksi.
7. Dengan berlatih, siswa dapat menyetarakan persamaan reaksi sederhana.

E. Materi Pembelajaran
Fakta
- Unsur
- Senyawa
- Rumus kimia zat
- Persamaan reaksi ( pereaksi / reaktan, hasil reaksi / produk, wujud zat )
Konsep
- Penulisan lambang unsur, rumus kimia zat, penyetaraan persamaan reaksi.
Prinsip
- Penulisan lambang unsur, rumus kimia zat, persamaan reaksi.
Prosedur
- Langkah-langkah penulisan Lambang Unsur sbb :
1. Lambang unsur yang terdiri dari satu huruf , penulisannya menggunakan huruf besar. Contoh : H, N, S, O, C, dll
2. Lambang unsur yang terdiri dari dua huruf, penulisannya menggunakan huruf besar pada huruf pertama dan huruf kecil pada huruf kedua. Contoh : Al, Ag, Br, Ca, Fe, dll.
- Setiap zat baik unsur maupun senyawa memiliki rumus kimia masing-masing, yangmenyatakan komposisi atom yang menyusun partikel zat tersebut. Partikel unsur-unsur yang berupa atom memiliki rumus kimia yang sesuai dengan lambang unsur itu.
- Rumus Empiris adalah rumus yang menyatakan perbandingan terkecil dari atom-atom unsur yang menyusun suatu senyawa.
- Rumus Molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah dari atom-atom unsur yang menyusun satu molekul suatu senyawa.
- Cara penulisan persamaan reaksi:
- Tuliskan rumus kimia dari pereaksi dan produk yang dipisahkan dengan tanda panah ke kanan yang disertakan wujud atau keadaan zat jika diketahui
- Menuliskan bilangan di depan rumus kimia pereaksi dan agar jumlah masing-masing atom dari setiap unsur ruas kiri sama dengan ruas kanan
- Pilih zat dengan rumus kimia paling kompleks. Tetapkan nilai koefisien reaksinya sama dengan 1
- Setarakan atom-atom pada zat yg paling kompleks tersebut. Jika terdapat ion poliatom di ruas kiri dan kanan serta tidak berubah, maka setarakan sebagai ion poliatom bukan sebagai atom
- Setarakan atom lainnya
- Pastikan setiap koefisen reaksi merupakan bilangan bulat sederhana

F. Model/Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : 5 M
Pendekatan pembelajaran :Keterampilan proses, Student Centre
Metode Pembelajaran : Inquiri Terbimbing, Diskusi dan Tanya Jawab

G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media.
Bahan Tayang
2. Alat/Bahan : -
3. Sumber Belajar
Michael Purba, Kimia Kelas X SMK /MAK , Erlangga ,Jakarta
Supplement  book
Worksheet atau lembar kerja (siswa)

C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN I

 Pendahuluan : 15 menit
• Guru mengawali pelajaran dengan berdoa menurut agamanya masing-masing dan memperhatikan kehadiran siswa dengan meng-absen satu persatu.
• Sebagai apersepsi untuk memotivasi rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang beberapa nama unsur beserta lambangnya dengan bantuan tabel susunan berkala yang dimiliki siswa.
• Guru menyampaikan informasi kompetensi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Kegiatan Inti Guru : 105 menit
• Siswa diminta untuk mengkaji literatur tentang Lambang Unsur. ( Mengamati )
• Guru mengajukan pertanyaan :
          -Apakah yang dimaksud dengan unsur itu ?
          -Bagaimanakah cara menuliskan lambang unsur dengan benar ? ( Menanya )
• Siswa diminta mendiskusikan penulisan lambang unsur yang benar dengan berpedoman pada langkah-langkah penulisan lambang unsur (mengumpulkan data)
• Siswa berlatih menuliskan lambang unsur dengan benar dari beberapa nama unsur dan sebaliknya. (mengasosiasi)
• Siswa menyajikan penyelesaian penulisan lambang unsur yang benar sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan.(Mengkomunikasikan)

Penutup  : 10 menit
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang lambang unsur.
Guru memburikan tugas baca pada siswa untuk mempelajari materi berikunya.

PERTEMUAN II

Pendahuluan : 15 menit
Guru mengawali pelajaran dengan berdoa bersama menurut agamanya masing-masing.
Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan kondisi kelas dan absensi.
Sebagai apersepsi untuk memotivasi rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan :
- Apakah yang dimaksud dengan rumus kimia zat itu ?
- Sebutkan beberapa contoh rumus kimia zat !
- Jelaskan perbedaan antara rumus empiris dan rumus molekul ?
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
 
Kegiatan Inti Guru : 105 menit
Siswa diminta untuk mengkaji literatur tentang rumus kimia zat. ( Mengamati )
Guru mengajukan pertanyaan :
- Apakah yang dimaksud dengan rumus kimia zat itu ?
- Sebutkan beberapa contoh rumus kimia zat !
- Jelaskan perbedaan antara rumus empiris dan rumus molekul ? (Menanya)
Siswa diminta untuk mendiskusikan tentang rumus kimia zat. ( Mengumpulkan data )
Siswa berlatih membedakan rumus empiris dan rumus molekul. ( Mengasosiasi )
Siswa menyajikan penyelesaian rumus kimia zat. ( Mengkomunikasikan )

Penutup : 10 menit
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang rumus kimia zat.
Guru memberikan tugas baca untuk mempelajari materi berikutnya.


PERTEMUAN III

  Pendahuluan : 15 menit
Guru mengawali pelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agamanya masing-masing.
Guru merespon salam dan pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan kondisi kelas dan absensi.
Sebagai apersepsi untuk memotivasi rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan :
- Bagaimanakah cara menuliskan persamaan reaksi kimia ?
- Bagaimanakah cara menyetarakan persamaan reaksi kimia sederhana?
Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

    Kegiatan Inti Guru : 105 menit
Siswa diminta mengkaji literatur tentang Persamaan reaksi kimia. ( Mengamati )
Guru mengajukan pertanyaan :
- Bagaimanakah cara menuliskan persamaan reaksi kimia ?
- Bagaimanakah cara menyetarakan persamaan reaksi kimia ? (Menanya)
Siswa diminta mendiskusikan tentang penyetaraan persamaan reaksi kimia sederhana.
Siswa berlatih menyetarakan persamaan reaksi kimia sederhana. ( Mengasosiasi )
Siswa menyajikan penyelesaian tentang penulisan persamaan reaksi kimia dan menyetarakannnya dengan langkah-langkah yang benar. ( Mengkomunikasikan )

    Penutup : 10 menit
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang penulisan persamaan reaksi dan cara menyetarakan persamaan reaksi kimia sederhana dengan benar.
Guru memberi tugas baca pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.

D. PENILAIAN HASIL BELAJAR

Aspek                       Mekanisme dan Prosedur                            Instrumen

Sikap                     o Observasi Diskusi Kelompok           - Lembar Observasi
Pengetahuan          o Penugasano                                        - Soal Penugasan
                              o Tes Tertulis                                         - Soal Objektif
Ketrampilan          o Kinerja Presentasi                               - Kinerja Presentasi
                                                                                            - Rubrik Penilaian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar